Selamat Datang di Website etanal

Wednesday, February 9, 2022

Menampilkan Konfirmasi Saat Menghapus File / Folder di Windows 10

Di Windows 10, ketika kita akan menghapus file maupun folder, saat ini sudah tidak ada lagi jendela konfirmasi / warning yang muncul yang menanyakan Apakah Anda yakin ingin memindahkan file/folder ini ke Recycle Bin? (Are you sure want to move this file to the Recycle Bin?) seperti pada versi Windows sebelumnya. Untuk saat ini, secara default ketika kita menekan tombol Del di keyboard atau mengklik Delete, Windows 10 akan langsung memindahkan file tersebut ke Recycle Bin tanpa konfirmasi. Jika Anda tidak menyukai pengaturan baru tersebut, berikut adalah cara menampilkan konfirmasi saat menghapus file / folder seperti yang ada di Windows 7 maupun versi Windows sebelumnya.

Beberapa pemakai Windows 10 memang ada yang menyukai pengaturan default baru ini. Hal tersebut dikarenakan kita tidak usah repot-repot lagi mengklik tombol Yes saat menghapus file, dan file tersebut langsung masuk Recycle Bin. Sayangnya, hal tersebut mengakibatkan banyak file yang terhapus secara tidak sengaja. Meskipun file yang sudah terhapus dapat dikembalikan lagi (restore dari Recycle Bin), namun akan sangat merepotkan jika kita sering menghapus file tanpa sengaja.

Dengan mengaktifkan opsi konfirmasi saat menghapus file maka kemungkinan file terhapus secara tidak sengaja akan lebih sedikit. Seringkali kita juga tidak menyadari telah memilih file lebih dari satu yang mengakibatkan file yang tidak di inginkan ikut terhapus.

Meskipun secara default Windows 10 tidak menampilkan konfirmasi saat menghapus file, namun pengaturan tersebut dapat diubah dengan mudah. Berikut adalah caranya…

Menampilkan konfirmasi saat menghapus file / folder

Langkah 1: Cari icon Recycle Bin. Biasanya icon Recycle Bin ada di desktop dan File Explorer. Jika tidak ada di desktop, buka File Explorer lalu lihat bagian kiri bawah.



Langkah 2: Setelah icon Recycle Bin ditemukan, klik kanan dan pilih opsi Properties dari pilihan menu yang muncul.

Langkah 3: Pada tab General, beri tanda centang pada bagian Display delete confirmation dialog lalu klik Apply untuk menerapkan perubahan.


Cobalah untuk menghapus folder atau file, saat ini seharusnya Windows akan menampilkan konfirmasi sebelum memasukan file tersebut ke Recycle Bin. Selamat mencoba!





No comments:

Post a Comment

.