Pages

SELAMAT DATANG DI WEBSITE ETNANAL

Jumat, 03 April 2015

Memilih Bat Pingpong


Menyimak banyak nya orang2 yg salah persepsi soal pemilihan senjata Pingpong, maka gw mencoba untuk share pengalaman, tentu saja masih terbuka untuk para suhu lain nya untuk mengemukakan pendapat nya. krn ilmu itu emang kalo kita saling share akan dapet di rangkum jadi lebih komplit lagi.
Cuma disini gw cuma bahas sebagian besar atau umumnya buat pemakaian karet polos2 saja, krn untuk bidang karet racun2 bintik gw masih newbi hehehe.
penulisan teori nya akan bertahap dan ngga sekaligus. Tergantung mood dan ilham nya.Teori2 nya :

1. Orang sering salah paham dg mengira kalo dia sukanya main offensive banget maka blade dan karet pun harus pilih yg super kenceng. Atau yg ada embel2 nya Off+ atau bahkan Off+++ .
Jawaban :Pendapat ini keliru karena pemain semakin offensive semakin butuh kontrol yg baik.

2. Orang sering mencari senjata yg komplit, putaran maut buat spin, kenceng dan masukan buat smes, kecer buat chop, dan pakem buat blok.
jawaban : Blom ada dan ngga akan pernah ada senjata itu. kita hrs lebih memprioritaskan mana yg lebih kita butuhkan dan sesuai dg karakter dan fisik kita.

3. Orang suka menilai senjata pingpong tambah mahal akan lebih baik.
Jawaban : Ngga selalu lebih mahal itu akan lebih cocok buat kita. lihat aja jaman dulu Zhang Yi Ning jadi juara dunia cewek ngga terkalahkan hanya dg kayu BTY Zhang Yi Ning murah aja. karet juga sedang2 aja, WLQ masa jayanya dia cuma pake Stiga Offensive CR doang.
yg penting cocok dan sesuai karakter kita aja.

4. Untuk pemilihan tipe bermain org cenderung mengikuti yg sesuai di hati nya. misal melihat tipe offensive kaya Ma Long itu keren, atau tipe JSH.
- menurut pendapat gw lebih penting melihat darah kita (bakat) dan faktor2 lain spt fisik (umur, berat badan, reflek, ketajaman mata dll) untuk menentukan kita mending nya main tipe apa. misal kalo mulai belajar umur 50, bobot 90 kg, reflek dan mata udah kurang bagus mau belajar Cpen dg andalin spin FH dan balik badan ya kurang menunjang lah. secara matematika pingpong mending dia belajar dg salah 1 atau bahkan 2 2 nya bintik (bisa bintik serang atau tahan, atau tahan tahan) jadi mending main dg Okol drpd dg fisik. Kaya kong Pres tuh lihay bermain dg okol nya hehehe. Pake bintik racun dan lihay memainkan nya.

5. Orang sering salah menilai bobot suatu bet. kadang kalo di suruh bandingin 2 bet bisa jadi yg lebih ringan di bilang lebih berat.
- Karena bet itu yg enak yg ada balance berat nya, mungkin yg lebih off yg rada berat depan dikit, yg lebih all ya jgn yg terlalu berat depan.
juga handle pengaruh ke keseimbangan, kalo handle gede lebih bisa mentoleransi kalo bet lebih berat depan, drpd handle kecil.
contoh : Iolite handle kecil, berat enteng di kasih karet Yinhe Apollo I 2 sisi, ya bakal ngga nyaman, cepet capek dan akurasi menurun.

6. Pemilihan Handle yg Pas merupakan faktor penting yg sering diabaikan.
seringkali orang kalo mencari blade hanya melihat speks : Speed, Control. padahal salah satu faktor yg ngga boleh diabaikan krn akan pengaruh ke semua nya adalah handle yg pas dan nyaman di tangan. dan ternyata tiap org punya kecenderungan masing2, mungkin juga krn waktu masih kecil belajar pertama pake ST jadi pake FL ngga nyaman dll.
Anjuran gw coba punya temen, atau ke toko sport dulu dan pegang handle nya apakah nyaman atau tidak.
tapi kalo udah salah beli dan misal kekecilan masih bisa diatasi dg handgrip sih. kalo kebesaran ya hrs di amplas kali ya hehehe.

7. Banyak org menganggap blade yg ngga kerasa getaran nya itu lebih canggih dan lebih bagus.
padahal ngga juga sih, blade diciptakan oleh pabrikan besar dll berdasar apa yg di inginkan pasar, bukan apa yg harus nya dibutuhkan dr blade. Krn blade2 kaya Schlager Carbon hrsnya masuk kategori blade hobi aja, dan ngga cocok buat masuk kategori blade buat Pro. Krn si Werner Schlager sendiri pernah mengungkapkan kalo dia pake nya blade custom (handle schlager carbon, papan primorac carbon tapi carbon nya 1 sisi aja, buat FH nya)
Pemain Dunia hampir selalu pake blade yg getar ada yg banyak maupun dikit tapi tetep ada getarnya. Krn getar itu semacam kontrol dan feedback dr kita.
Jadi getar tetep dibutuhkan tinggal dikit banyaknya itu tergantung selera masing2.

8. Di Indo kebanyakan karet adanya max doang, tapi bukan salah importirnya sih krn emang konsumen kebanyakan mau nya max, krn beranggapan max itu lebih kenceng, atau bahkan ada yg beranggapan lebih worthy max wong harga sama hahaha. Tapi ngga bener2 paham kelebihan max dan yg lebih tipis dr max.
pada dasar nya max lebih ke topspeed, dan yg rada tipis misal 1,9mm lebih ke akselerasi. kalo yg tipis kaya 1,5 / 1,2 dll itu jelas diciptakan untuk main kontrol dan chop.
untuk kita yg suka main di belakang meja dianjurkan pake yg max aja, krn power lebih gede, sedang yg main close to table akan lebih kontrol pake yg rada tipis, akselerasi juga lebih cepet juga kurva akan lebih tajam.
kalo buat chop juga yg lebih tipis lebih unggul. untuk putaran tergantung stroke nya.

9. Kalo orang di tawarin mau bet yg bola jahat apa ngga jahat ? ya org pasti pilih yg bola jahat dong.
Tapi kalo di tawarin mau bet yg bola jahat atau masukan ? nah org baru bingung pilih mana. Kebanyakan org emang fokus ke cari bola jahat, padahal bola jahat juga ada konsekwensi nya.
yg dimaksud dg bola jahat adalah :
- Bola putaran nya banyak shg kalo di blok lebih buat mental bagi yg nge blok.
- Bola setelah kena meja lawan forward nya cepet dan ndlosor (ceper kali ya bahasa indonesia nya hehehe).
- Long Trajectory
Tapi di balik kedasyatan nya ada konsekwensi yg hrs dibayar spt mistake forgiving yg lebih sedikit, juga butuh teknik yg baik untuk bisa spin dg baik, juga butuh footwork yg baik supaya waktu spin timing nya baik).
dan bet yg hasilin Bola jahat itu umumnya dan biasanya ngga Pas buat smes..... jadi silahkan di bayangkan dulu seberapa jahat bola yg diinginkan supaya pas sesuai yg kita butuhkan.

10. kebanyakan orang percaya mitos karet tacky akan hasilin putaran yg dasyat.
ada benar nya tapi ngga selalu hehehe, krn karet tacky kalo sponge soft akan malah sebaliknya, puteran nya payah.
kalo karet sponge hard dan karet tacky kalo teknik dan tenaganya cukup emang bener putaran nya dasyat, tapi karet tacky juga ada kelemahan yaitu ngga Pas buat smes, dan ngga stabil dlm arti kalo main di tempat rada berdebu dan kita ngga aware bersihin gear nya akan ngga stabil (itu sebabnya WLQ dkk sering bentar2 bersihin karetnya kadang pake Abab / jigong atau apa tuh bahasa indo nya hahaha). di samping resiko kena putaran bola baik dr serve ataupun backspin maupun spin dr lawan.
dan juga karet tacky akan mengurangi speed. Itu sebab nya pemain china yg tekniknya udah dewa biasa memakai karet FH yg hard dan tacky di tambah ramuan booster khusus untuk menambah kekenyalan karet tsb. tetep hard tapi kenyal. emang ampuh sih hasil nya.
tapi note : dg skill dan power dan stamina dewa mereka.
kalo kita asal ngikut aja pake yg hard dan tacky...... ya hasilnya ngga akan spt yg dibayangkan. kalo power, stamina dan teknik prima silahkan di coba.

11. Chop butuh karet soft atau hard ?
orang sering bingung dg sebenar nya buat chop itu harus soft atau hard...
sebener nya bukan hanya faktor soft atau hard aja sih, ada faktor2 lain spt ketebalan spon, ke tacky an topsheet juga pengaruh.
kalo soal tebel sponge umumnya yg lebih tipis lebih cocok buat chop,
pada dasar ada 2 tipe chop secara garis besar. yaitu chop pendek kaya kebanyakan pemain offensive, dan chop panjang (sering nya di belakang meja) kaya kebanyakan di lakukan pemain defense.
kalo chop di deket meja lebih baik rada medium hard (tapi jangan pake yg soft dan tacky bgt) krn efek nya nya bakal jelek dan susah lakukan tipuan isi kosong chop. juga bola chop akan cenderung mumbul. kalo rada soft tapi ngga terlalu tacky sih masih gapapa.
sedang kalo chop panjang di belakang meja lebih cocok pake yg rada empuk, krn kalo empuk akan menciptakan lebih kurva parabolik sehingga bola chop akan lebih safe masuk nya, sedang kalo pake sponge keras maka kurva akan lebih datar sehingga lebih resiko ke net atau out.

12. Soal Speed, orang sering salah tangkap berpikir kalo speed tinggi itu sama juga buat spin juga kenceng.
Nah, speed yg di test oleh pabrikan itu adalah pas pukul bola dg pukulan flat (tanpa gesekan sama sekali).
Tapi untuk urusan spin hal ini bisa berbeda krn biarpun kayu kenceng secara speed flat kalo pas buat spin baru kegesek misal 40% udah mental duluan kan berarti hanya serap 40% tenaga kita, kalo dibandingka dg kayu yg secara speed flat lebih pelan tapi bisa serap tenaga kita misal 80% maka blom tentu hasil spin nya secara speed lebih kenceng yg kayu hi speed, malah secara putaran dan ke safe an bola PASTI lebih tinggi yg speed flat lebih pelan tapi bisa serap 80% tenaga.
Jadi jangan harapin blade super kenceng untuk hasilin putaran yg terlalu maksimal, tapi option yg terbaik kalo udah pake blade super kenceng ya karetnya coba pake yg rada pelan dan jangan terlalu hard. Ada kelebihan nya juga sih pilih blade super kenceng, yaitu irit di karet nya, karena pake yg murah2 aja spt misal sardius + Moon 33D / 34D aja udah jos hehehe.
cuma teknologi skrg emang di ciptakan blade yg super kenceng tapi cukup baik buat serap power saat buat spin spt contohnya Jun Mizutani, cuma tetep ngga

Nah setelah baca2 teori2 Ken Yang Sin Kang nanti nya di harapkan kitab ini dapat sedikit menjadi rujukan pertimbangan dlm pemilihan senjata Pusaka bagi masing2 individu. Senjata pusaka itu bukan yg krn harganya mahal aja misalnya jutaan rupiah, tapi lebih ke yang udah custom pas buat karakter dan skill kita (dan itu ngga mesti yg terlalu mahal), bakalnya entar kalo buat yg rada pemula akan ganti2 karet sih, seiring kemajuan skill masing2.
Senjata pusaka kita ngga mesti bakal jadi senjata Pusaka bagi org lain sih. Contohnya senjatanya Presiden LP, blade Tachi seharga 1,6 juta, bagi tipe spinner kaya bro Jojo bisa jadi bukannya senjata pusaka malah senjata gombal hahaha.
Tidak ada yg mengenal karakter main kita sebaik kita sendiri yg menilai, jadi silahkan kita meng custom sendiri senjata (blade+karet) menjadi Pas buat kita. Ibarat orang masak yg terenak adalah PAS. Keasinan atau kemanisan sama2 nilai negatif. seperti juga kekencengan dan kepelanan sama2 nilai negatif (cuma buat karakter gw pribadi sih mending kepelanan drpd kekencengan hahaha)
Inti dr Kitab ini adalah :
- Blade buat kontrol, dan handle yg nyaman
- Karet buat cari Gear dan Putaran
- Untuk speed mengandalkan power kita sendiri.

13. Berat yg ideal.
sebenarnya berat ideal suatu bet set itu subyektif sifat nya, selama masih balance. Ada blade yg sampe 195 gram masih balance, ada juga yg 185 gram aja udah kerasa berat depan.
nah spt yg udah jadi semacam pendapat umum adalah angka 180 gram yg jadi angka normal nya (buat aliran polos2 kali ya hehehe)
kalo lebih ringan sampe 150 gram kayanya masih gapapa, umpama pun lebih berat ke belakang masih lebih mending drpd berat ke depan sih (menurut gw pribadi).
tapi kalo sampe berat total diatas 200 gram sih menurut gw ngga layak dipake, krn pengaruh ke kelincahan, flick dll.
contoh yg susah enteng itu kaya BDA bladenya sendiri sekitar 100 gram atau lebih, nah krn selain berat juga krn head size nya juga jumbo banget sehingga pake nya karet juga lebih banyak drpd blade size standar. Ilustrasi misal mau pake BDA + Tenzone + Vega Japan maka perkiraan bobot bet set nya adalah 212 gram hehehe siapkan koyo dan balsem di tas krn bakal sering pegel2.
kalo mau pake BDA buat 1 polos 1 bintik ox atau spon tipis spt 0,5mm ya monggo gapapa sih.
jadi sebelum tentukan pilihan faktor berat ini juga hrs di pertimbangkan.
teknik menghitung prediksi berat bet set suatu kali akan gw bahas secara tersendiri, karena bakal cukup panjang.

14. meluruskan persepsi soal hardness sponge dan pengaruh nya terhadap speed dan spin juga throw angle.
belum lama ini ada seorang teman lama yg sms gw bilang mau beli karet Xiom Zeta euro, trus dia tanya apakah bagus..., krn ditanya maka gw jawab harga hampir2 sama ya mending tenzone promo aja krn secara kelas dan tenologi lebih tinggi drpd zeta. dan dia setuju, maka dikirimlah tenzone tsb ke Solo. di Solo di tempel dg sg krn dia tau nya ya sg aja hehehe. bbrp hari kemudian dia bilang mau ganti zeta aja krn tenzone kok beda ama zeta, kurang kenceng katanya. What... ? Tenzone kalah kenceng vs Zeta....
kadang banyak hal di pingpong yg ngga semudah kita lihat speks aja speed, spin, control hehehe.
gw sadar sih sebab nya adalah dia terbiasa pake karet rada soft maka saat dia ganti ke yg hard dan teknik pukulan tetep ikutin yg lama emang bener sih spt kurang kenceng dan kurang gigit karet yg hard tsb, krn emang teknik nya pukul beda.
kalo org biasa pake yg soft misal kaya boost ts itu di sabet dg full power dr awalan sampe akhiran bola mau ngikut, tapi kalo karet rada hard hrs lebih seperti di lecut, jadi pelan dulu begitu kena bola baru kaya di lecut gitu.
demikian pula org yg biasa main jauh dr meja kalo kebiasaan pake karet soft, trus ganti ke yg hard biarpun secara spek yg hard lebih kenceng akan merasa kok lebih butuh pelan padahal secara speks hrsnya lebih kenceng.
ya karena emang teknik nya beda.
umumnya karet hard itu lebih low throw, tapi ada perkecualian pada karet tacky..... krn kebalik kalo tacky + soft malah lebih low throw drpd tacky + hard. kalo yg tacky nya sedang2 ya hrs di cari tau sendiri... tapi begitulah teori nya.
jadi emang kita hrs mencari sela dan jangan cepat membuat kesimpulan, yg biasa pake karet soft spt boost ts trus ganti misal pake H3P 41 degree ya akan kaget kok kayak gini berat nya hehehe.
nah kalo liat statement ini nanti ada yg buat kesimpulan kalo gitu kita beli blade atau karet kalo salahpun gapapa, tinggal kita cari sela nya biar bisa jadi enak.
pendapat tsb ada benar nya tapi tetap yg terbaik ya yg sesuai kebutuhan dan level kita dan nanti kalo ada yg ngga pas baru kita cari sela2 biar pas, krn emang ngga ada bet yg bisa nge Pas in semua keinginan dan kebutuhan kita.
kadang kalo kita pake karet tertentu dan merasa pelan jangan cepat2 ambil kesimpulan jual aja dan beli yg lebih kenceng, krn kadang kalo kita paham tekniknya akan keluar juga extra power dr bet tsb.
note : untuk main santai2 aja umumnya enak pake yg rada soft.

15. kontradiksi dan dilema pada pemilihan setup.
seperti yg udah dijelaskan di depan kalo tidak ada setup yg sempurna, jadi melihat teori2 kebanyakan bisa jadi org bukan nya paham malah tambah pusing hehehe langsung aja praktek langsung di lapangan, yg jadi bahan Subyek nya gw sendiri. dg speks individu
- Footwork jelek.
- Akurasi kurang baik.
- karakter sering ragu dlm ambil keputusan.
- Stamina pas pas an.
- Punya kelebihan di chop Bh setelah dilatih ama pelatih jadi ada kelebihan tipu2 isi kosongnya ( bawaan dr kecil diajari Papa yg bisanya cuma chop doang soalnya) modal ini yg jadi modal sbg ox destroyer hahaha (narsis.com)
- Power gede (mantan juara Panco di SMA dulu hehehe)
- lebih terbiasa blok dg Bh (jadi otomatis menguasai jurus semi bebek baris juga hehehe) punya kelebihan blok Bh bisa push dan pengarahan.

melihat dr speks2 diri gw sendiri gw mencoba mencari setup
yg pas.
sebelum paham sih gw carinya setup kenceng dan mahal, setelah mulai paham mulai meng custom setup sendiri lah.
- krn bakat akurasi rendah maka blade lebih nyaman pilih yg jumbo, tapi blade jumbo ada konsekwensi nya, dulu pake Xiom Orlando berat 91 gram, hrs nya ngga berat untuk blade 91 gram sih, tapi karena head size nya gede bgt nah pake karetnya kan lebih banyak dr blade normal maka dulu hanya berani pilih karet Bh yg soft krn umumnya karet soft itu kan lebih enteng drpd yg hard, nah disini letak kontradiksi nya krn karet soft di BH umumnya ada kelemahan yaitu untuk chop pendek cenderung rada mumbul, serve kurang maksimal dan blok kurang baik terutama terima spin2 geledek bola blok bisa lsg turun nyantol net.
jadi biarpun ada kelebihan pada power gede tapi kalo hrs pake bet berat dan ngga balance ya ngga nyaman.
ditambah lagi dilema di Indo kebanyakan adanya hanya karet tebal max wahhhh gimana dong nasib chop Bh gw yg jadi salah 1 andalan, untunglah setelah mencari2 yg pas ketemu juga yg pas, yaitu omega 1 asia tebel 1,8 mm.
dan spt yg gw bilang diatas akurasi gw kurang baik, ditambah karet tsb emang durability nya kurang alhasil kebahagian tsb hanya berlangsung 2 minggu setelah itu karet tsb sobek terutama pinggirnya sih hehehe.
maka dr itu gw amat berharap ada blade karakter orlando dg berat sekitar 80 gram, tapi ngga pernah ada lah blade custom yg bener2 menjawab kebutuhan gw.
itu yg gw bilang ada hal2 yg bakal ada kontradiksi, kita hanya bisa cari win win solution biar rada imbang.
untunglah gw menemukan blade Bardef yg menjawab kegalauan gw hehehe.
head size jumbo, blade enteng jadi pake karet hard 2 sisipun masih oke. dan anehnya dg blade itu stlh kenal feelnya buat main kenceng pun ampuh ( krn kontrol, dwelling time dan feel yg mantap shg berani kerahkan power dan dapat terimplementasi dg max shg hasilnya bisa kenceng juga. hal ini bisa ditanyakan bro Benzmbun, VM hehehe apakah Bardef pelan atau kenceng.

note: ilustrasi diatas hanya bermaksud memberi pencerahan soal bagaimana kita hrs memikirkan solusi pencarian senjata yg pas. tapi ya itu hrs punya dasar teorinya dulu. kalo ngga ada teori nya nanti ngawur dan ujung2 nya boros. beli ini dan itu trus ngga cocok main lembiru aja hehehe.

Video soal bardef sudah di upload :
FH Topspin http://www.tenismejamania.com/showth...ghlight=bardef
BH Topspin http://www.tenismejamania.com/showth...ghlight=bardef
semoga bisa sedikit memberi pencerahan kalo blade defense bisa juga buat serang, malah punya kelebihan juga sebagai blade defense.
Kelebihan dr blade defense dibanding Offensive adalah :
- Kontrol yg lebih baik.
- Chop yg lebih kecer dan lebih ngga mumbul.
- Blok yg lebih meredam.
- Biasa berat yg lebih ringan juga hehehe (ngga selalu sih).

16. Teori soal angkat bola chop dg topspin.
dalam angkat bola chop terutama yg maut putaran backspin nya amat tidak dianjurkan pake blade yg terlalu kenceng, stiff dan dipadukan dg karet yg cenderung hard dan kenceng pula. krn bola topspin nya bakal lemah di gear / gigitan nya, sedang kan angkat bola chop gear adalah yg UTAMA. bisa sih angkat dg setup tadi, tapi paling angkat dg semi gantung aja buat cari aman nya, tapi kalo mau buat spin tembak bola chop kenceng (istilah nya Spin Gabret versi bro Rusyana) ngga akan safe kurva nya. karena bola baru ketempel udah mental tanpa cukup waktu atau kurang banyak gesekan pada topsheet nya, jadi bola kurang bisa melengkung. jadi pilhan nya spin gantung dg pelan aja, atau spin gabret dg faktor resiko tinggi hehehe.

untuk angkat bola chop yg enak pake blade yg tipe kontrol dan jangan terlalu stiff juga, dianjurkan untuk pake yg ada getar nya krn angkat bola chop itu butuh feel pas nya seberapa baik itu power maupun sudut nya.
untuk spin gabret cocoknya pake yg blade kontrol + karet cenderung hard, tapi kalo buat main spin2 dg memainkan kurva lengkung nya, dan main spin2 gantung enak yg cenderung soft. Tapi perlu diwaspadai kalo pake karet Tacky dan soft perlu tenaga extra untuk angkat bola chop kecer.

dalam angkat bola2 chop kenceng (biasa sama robot) tapi emang chop dr robot lebih kenceng drpd chop nya org kebanyakan. Hal ini bisa ditanyakan ke yg pernah coba robot hehehe. Gw melihat ada bbrp setup yg tinggal diangkat aja asal nyebrang net lawan dan bola nya forward nya bisa kenceng sendiri, tapi ada juga yg biasa aja. Nah kalo ini gw kurang bisa jelasin sebabnya..... dan gw kira hrs di coba2 sendiri.
salah 1 setup yg bisa hasilin bola begitu adalah JM dg Tenzone SF. enak sih kalo dapet setup yg spt ini, krn hanya perlu di angkat bola chop nya, asal sebrang ke meja lawan aja bola nya bisa liar sendiri. Sayang Bardef + Tenzone ngga bisa begini hehehe.
mungkin lain kali kalo gw nge test setup yg bisa begini lagi akan gw catat deh, untuk di share kan di TMM ini.

di salin dari : https://www.facebook.com/pingpongshop.kenichi/posts/693072697414180

11 komentar:

  1. Kalo bat pimpong donic bagus ngak gan?

    BalasHapus
  2. semua keluaran pabrikan Butterfly, Donic, Stiga, Tibhar, bagus semua

    BalasHapus
  3. Mantap gan pencerahannya... kalo sy karakter main ofensif namun sering kehilangan poin krn kurang akurasi. Senjata, blade zhang jike karet donic m1 bluefire FH, jo platinum BH.

    Setelah ini, mau perbaiki senjata yg sesuai karakter utk mengurangi salah sendiri, dan main strategi.

    BalasHapus
  4. Suhu***** klau buat power spin paket karet apa yg bagus sy baru 7bulanan maen bru bljar spin
    Kenalin ane fausi dari madura
    Senjata primorac carbon butterfly karet fh sriver fx bh donic barracuda
    Mohon penjelasanx suhu ***

    BalasHapus
  5. Poetra Sindoro1 Oktober 2016 05.37

    Terimakasih sebelumnya atas pencerahannya.
    mohon review-nya. Saya pemain allarounder pukulan andalan backhand spin)/flick diluar meja. Senjata pake JM. Settingan FH. Acuda p2, dan BH T.05.
    Udah bener kah arah settingan saya suhu ?
    Main cenderung midle distance (+-1m) to table.
    Terimakasih.

    BalasHapus
  6. Ane main ofensif jg tp blm terlalu mahir senjata gue prasida akashi titanium made germany karet pake donic.... Di permainan kdg klh poin mohon pencerahan agan

    BalasHapus
  7. so far so good.

    BalasHapus
  8. Karet serang yg bagus apa

    BalasHapus
  9. Bermanfaat bgt bos. Semoga tetap update lagiii~

    BalasHapus

idhostinger

Hosting Gratis