Pages

SELAMAT TAHU BARU HIJRIYAH 1439 H

Sabtu, 23 Agustus 2014

Fungsi Pelatih Saat Pertandingan

Pada saat atlit bertanding pelatih mempunyai fungsi sebagai :
1. Pengatur strategi : dilihat dari waktu, latihan 90% pertandingan 10%. Pelatiha harus membantu atlit dalam memilih event dan pertandingan. Diskusikan taktik yang dipakai, tetapi jangan menjejali atlit dengan kata-kata mengenai betapa baiknya suatu perlawanan itu. Perkiraan perlawanan yang akan terjadi dan gunakan pengetahuan anda sebaik-baiknya. Nasehat diberikan secukupnya, jangan berlebihan. Semua atlit berbeda dan membutuhkan dorongan mental yang berbeda-beda. Sediakan waktu anda untuk para atlit yang ingin berbicara sesaat sebelum pertandingan.
2. Psikolog : harus dapat menyesuaika diri dengan situasi. Bila anda takut kalah, jangan memperlihatkan pada atlit. Mereka ingin anda percaya pada mereka.
3. Pengamat : tugas ini sangat penting sebagai pelatih pada saat pertandingan. Atlit mengharapkan anda sebagai pengamat. Bila mungkin merekam kejadian pertandingan itu, sehingga dapat diputar atau diulang kembali. Bila tidak mungkin anda membuat catatan. Kekalahan adalah fakta dan harus ditanggapi positif, jangan menyalahkan atlit. Ingat : Atlit tidak pernah salah, mereka hanya membuat kesalahan.

0 komentar:

Posting Komentar

idhostinger

Hosting Gratis