Pages

SELAMAT TAHU BARU HIJRIYAH 1439 H

Minggu, 20 April 2014

FUNGSI PELATIH SECARA UMUM

1. Sebagai seorang perencana (planner)
Mengarahkan atlit dalam program jangka pendek dan jangka panjang. Sebagai pelatih merencanakan suatu program latihan adalah mutlak, merencanakan suatu latihan bermuara pada tujuan, tujuan yang ingin dicapai bagi seorang pelatih adalah meningkatkan prestasi atlitnya. Dalam perencanaan latihan olahraga ada sasaran-sasaran program yang ingin dicapai yaitu program jangka pendek dan jangka panjang.
2. Sebagai pemimpin (leader)
Memimpin dan melaksanakan program latihan dan mengadakan diskusi dengan atlit. Dalam situasi latihan sosok seorang pelatih adalah seorang pemimpin yang terdidik, pelatih mempunyai tujuan yang akan dicapai, pencapaian proses latihan yaitu hubungan objek yang dibina, maka mengatur suatu sistem latihan diperlukan figur seorang pelatih yang dapat memimpin atlet.
3. Sebagai teman (friend)
Selalu penuh pengertian dan simpati bila ada suatu hal yang terjadi pada atlet. Dengarkan keluhan dan masalah-masalah pada atlet. Saat-saat di luar atau sesudah latihan pelatih harus menyesuaikan diri dan berlaku sebagai teman, pelatih diharapkan dapat menyesuaikan diri baik kelompok maupun individu. 
4. Sebagai seorang yang mau belajar (learner)
Selalu siap mempelajari dan mencobakan hal-hal yang baru. Mendengarkan saran-saran perubahan dari para pakar, rekan, maupun dari atlet sendiri. Banyak membaca dan mempelajari hal-hal yang baru, untuk menambah pengetahuan. Makin banyak belajar, akan makin banyak yang tidak anda ketahui.
5. Kewajaran (Realist)
Memperkirakan potensi atlet yang wajar dan selalu melihat tahap perkembangannya. Membuat suatu target yang wajar, yang dapat dicapai oleh setiap atlet. Maka seorang pelatih dalam menilai atau memperkirakan situasi baik latihan atau pertandingan.

0 komentar:

Posting Komentar

idhostinger

Hosting Gratis