Pages

SELAMAT TAHU BARU HIJRIYAH 1439 H

Jumat, 11 April 2014

Bagaimana Menggunakan Bat Kombinasi

Oleh : Liang Geliang
Catatan dari penulis : Liang Geliang, seorang pemain terkemuka asal Cina yang telah ikut memberikan hasil kejayaan regu putra Cina pada kejuaraan dunia ke 33 dan 34bersama dengan Li Zhenchi dalam ganda putra dan merebut mahkota ganda campuran bersama partnernya Ge Xin-ai, sementara ia sendiri merebut tempat ketiga dalam tunggal putra pada kejuaraan dunia ke 35. Kini bertugas sebagai pelatih di Jerman disamping tetap bermain sebagai pemain prof  yang tangguh dan disegani sampai saat ini.

Bat kombinasi memiliki dua karet pelapis dengan fungsi dan kegunaan yang berbeda, yang mampu menghasilkan spin yang berbeda dengan gerakan yang sama dan demikian pula dengan pengaturan sudut bat, tergantung bagaimana memanfaatkan jenis bat ini. Bola dari lawan yang diperkirakan sebagai bola underspin dan diperkirakan dapat dikembalikan dengan chop, mungkin akan terbuang meninggi bahkan menghambur keluar meja. Ataupun bola dari lawan yang diperkirakan sebagai bola topsin tetapi bila dikembalikan berkemungkinan menghujam tersangkut di net. Bola itu dapat berupa bola mengembang dengan gerak lintas yang tidak dapat diramalkan dan membuat lawan menjadi kacau. Meski saat ini warna karet telah dibedakan pada kedua sisi. Tetap saja bat kombinasi ini merupakan senjata yang ampuh dan mematikan.
Sejarah penggunaanya awal tahun 60 an, pemain top dengan pegangan penhold Cina yang terkemuka, Zhang Xielin, menggunakan bat berlapis bintik panjang. Ia telah banyak mengalahkan pemain dunia dan lebih terkenal dengan julukan “Tukang Sihir”. Pada waktu itu bat macam ini tidak digunakan oleh pemain selain dia, baik di dalam maupun di luar Cina dan sedikit sekali yang mengetahui keampuhannya, belakangan ini dengan kemajuan tenis meja , lama - kelamaan para pemain mulai terbiasa dan telah menemukan cara untuk melawannya secara efektif. Pada pertengahan trahun 60 an, beberapa pemain Cina mulai menggunakan jenis bat (pimple out dan pimple in rubber). Kami menyebut dengan bat “Yin Yang” atau im dan yang, sebuah kata cina yang berarti negatif dan positif atau betina dan jantan. Pada tahun 70 an, metode baru telah dikembang terhadap penggunaan  bat kombinasi. Kekhususan mutunya tidak hanya digunakan dalam chop, tetapi juga dalam menyerang. Lagipula dengan menukar sisi bat sambil memukul bola, pemain dapat merubah – ubah spin bola untuk memusingkan lawan dan merusak keseimbangannya. Dan gerakan menukar sisi ini dapat dilakukan dalam hampir semua tingkat rally, seperti dalam servis, dalam menchop maupun menyerang.
Pertimbangan Cepat secara teknik dapat dikatakan bahwa tenis meja telah berkembang sedemikian luas, pukulan lob dilaksanakan dengan spin yang berat, kecepatan yang lebih tinggi dan kekuatan yang lebih besar, sedangkan penyerang kilat juga memberikan spin pada pukulan mereka. Hal ini telah mengembangkan berbagai taktik yang beraneka ragam. Untuk menjadi seorang pemain kaliber dunia, seorang pemain menggunakan bat kombinasi harus tahu bagaimana mengatasi berbagai  jenis pukulan lob dan serang kilat. Ini memaksa dia menjadi orang yang berpikiran tajam, cepat dalam mengambil keputusan dan baik dalam menyesuaikan diri dalam pergantian situasi. Jika ia keliru dalam menafsirkan spin dan kecepatan datangnya bola, dalam menggunakan bat kombinasi, ia hanya akan mempermainkan tenis meja cepat, seorang pemain tidak banyak mempunyai waktu untuk berpikir tentang taktiknya  dan dalam sepersekian detik harus menetapkan taktik apa yang dijalankan. Keragu – raguan akan berakibat fatal.
Beberapa teknik secara umum dapat dikatakan bahwa permainan dengan bat kombinasi meliputi teknik berikut yang saling berhubungan erat, serta beberapa rangkaian yang akan memberi pengaruh yang merugikan dalam seluruh pertandingan.
1.  Servis menukar sisi bat : Underspin dihasilakan oleh penge-chop-an bola ke bawah dengan permukaan bat yang dilapisi karet berbintik ke dalam. Gunakan lengan bawah untuk mengerahkan kekuatan dan sudut bat hampir horisontal untuk menggesek bagian bawah bola. Kekuatan yang lebih terkonsentrasi menghasilkan spin yang berat. Untuk servis tanpa spin, dengan gerakan dan kekuatan yang sama, gunakanlah bidang bat yan berlapis karet bintik keluar, yang dengan sendirinya tidak akan menghasilkan gesekan yang berarti atau tidak memberikan banyak spin pada bola, tidak peduli berapa besar kekuatan yang boleh anda pergunakan. Servis  dengan backspin yang kuat maupun tanpa spin yang dilakukan dengan gerakan yang sama akan menyesatkan lawan dan menyebabkan kegagalan pukulan pengembalian.servis dengan menukar sisi bat memiliki variasi. Permukaan karet dalam dapat juga menghasilkan bola tanpa spin, sedangkan karet berbintik keluar dapat memberikan spin, semuanya tergantung pada sudut bat dan pemberian kekuatan. Pada saat yang sama, bat ini dapat dikombinasikan dengan sidespin dan servis cepat.
2.  Men chop di atas meja dengan menukar sisi bat : pertama – tama, perlu untuk menguasai teknik menukar sisi bat dengan cepat dan mantap. Pergunakanlah jemari - jemari anda untuk memutar pergelangan bat dengan lengan bawah dan pergelangan tangan dibuat rileks, choplah bola di atas meja segera setelah bat diputar, jika menggunakan sisi karet berbintik luar, gerakan bat miring ke bawah dan pukul bagian bawah bola.
3.  Menukar permukaan bat sambil memotong bola yang dilakukan jauh dari meja : secara teori, pukulan ini kurang lebih sama dengan pukulan chop. Pukulan ini sesungguhnya lebih mudah, karena anda jauh dari meja dan mempunyai banyak waktu untuk mengganti permukaan bat sebelum anda memukul bola, biasanya di bidang meja. Gerakan bat anda ke depan dengan lebar ayunan yang lebih besar dan pusatkan tenaga anda untuk memukul bagian bawahbola. Kerahkanlah kekuatan kebawah untuk mengimbangi topspin dan pukulan lob.
4.  Menyerang sambil menukar permukaan bat  Gerakan ini membutuhkan kemampuan yang tinggi. Apabila anda ingin berpindah dari pukulan forehand ke backhand, anda harus menukar permukaan bat denbagan ceapat terutama apbila bola dating terkalalu cepat sebelum anda sempat mengatur suduir t bat atau bahkan menukar p[ermukaaan bat. Oleh karena itu, jangan gerakan anda dengan lebar ayunan terlalu besar ketika anfda nmenyerang, baik dari posisi forehand maupaun backhand. Control lintasan bola dengan memegang bat pada sudut yang tepat pada saat-assaat bat itu tergeser dengan bola, dan angkatlagh bat menyerong. Terlalu banyak mendorong ke bawah cinderung membuat bola menyangkut ke net.
5.  Pukulan Lob : Pukulan lob hanya digunakan sebagai peralihan untuk melepaskan diri dari keadaan pasif dan tidak sebagai senjata untuk meraih angka secara langsung. Berikan sebanyak mungkin pada bola danusahakan bopla melambung tinggi jauh dari permukaan meja sehingga lawan akan menjumpai kesulitan untuk membuat pengembalian sudut yang tajam dan anda akan memiliki kesempatan untuk mengambil inisiatif pada pukulan berikutnya. Pemain yang menggunakan bat kombinasi harus mengembangkan bermacam – macam gaya yang cocok untuk sifat – sifatnya sendiri. Mereka yang memiliki kekuatan serang yang tinggi, bermailah dengan bola serang (offensive), dan mereka yang bagus memotong bola, bermainlah dengan pola bertahan (defensive), menggunakan pukulan chop dan menyerang dengan menukar permukaan bat sebagai alat untuk mengganggu lawan.


TAKTIK : Taktik berikut sering digunakan dalam memainkan bat kombinasi :
1.  Menyerang setelah servisbuatlah servis bola pendek yang diselingi dengan bola panjang serta pukulan bola drive ke arah tengah meja atau ke salah satu sudutnya. Servis tersebut memerlukan gerakan yang cepat tetapi yang serupa untuk membingungkan dan menyesatkan yang memberikan peluang baik bagi kita untuk menyerang, atau ketidak sadaran lawan akan efek bola yang berlainan (hasil penukaran sisi bat), yang membuatnya memukul bola keluar.
2.  Menyerang sambil men chop dan membalas menyerang sambil memotong. Pukulan ke arah salah satu sudut meja dan kemudian ke sudut yang lain. Balas serangan sebelum lawan membuat posisi siap kembali. Ikuti serentetan penempatan pada sudut dengan pukulan topspin, dropshot untuk meraih angka.
3.  Pukulan memotong (cut) yang mantap. Pergunakan taktik ini untuk melawan yang memiliki kelemahan bertahan.
4.  Mengkobinasikan angkatan (lifting), chop dan smash. Pergunakan taktik ini untuk melawan pemain defensive untuk mengganggu gerakan kakinya  (footwork). Kesabaran adalah sangat penting.
5.  Kombinasi serangan dalam pengembalian servis dan chop cepat. Seranglah bila servis lawan melambung tinggi atau kalau jauh dari meja. Dalam hal servis pendek, tukarlah permukaan bat dan choplah cepat – cepat kea rah sudut – sudut atau berilah tembakan tusukan (jabshot) untuk memaksa lawan memperlambatt permainan atau bahkan menggagalkan rencananya untuk menyerang sesudah servis.

Karet – karet berbintik keluar (pimple out) dan bintik panjang (long pimple) terbagi :
1.  Pimple out rubber : karet berbintik luar dengan ketinggian bintiknya tidak terlalu tinggi/panjang atau lebih tepat dikatakan sebagai karet bintik pendek, biasa digunakan dengan spon tebal atau medium.
Tersedia : TSP-Spector, Stiga Clippa, (Butterfly Rein, Impartial, Challengger 20), RITC 802, PF 4 – 651, PF 4 652.
2.  Pimple out with special effect : karet bintik pendek yang lembut yang mempunyai efek berbeda dengan bintik a di atas dan lebih mendekati bintik c di bawah. Biasanya digunakan spon tipis sampai medium.
Tersedia : Friendship 563, Friendship 799

0 komentar:

Posting Komentar

idhostinger

Hosting Gratis