Pages

SELAMAT TAHU BARU HIJRIYAH 1439 H

Jumat, 27 September 2013

Gerakan Senam Lantai


1. Sikap Lilin adalah sikap yang dibuat dari sikap semla tidur terlentang, kemudian mengangkat kedua kaki (rapat) lurus ke atas dengan kedua tangan menopang pinggang.
2. Kayang suatu bentuk sikap badan “terlentang” yang membusur, bertumpu pada kedua tangan dan kedua kaki dengan siku-siku dan lutut lurus.
3. Splits adalah suatu bentuk sikap duduk di lantai dengan satu kaki lurus ke depan dan kaki yang lain lurus ke belakang atau kedua kaki lurus ke sisi.
4. Setimbang (balance) suatu sikap yang menuntut daya keseimbangan yang besar apakah sikap tersebut dilakuakan dalam bentuk berdiri atau duduk/berjongkok.
5. Head Stand adalah sikap tegak, dengan bertumpu pada kepala dan ditopang oleh kedua tangan
6. Guling Depan (roll depan) adalah berguling ke depan atas bagian belakang badan. (tengkuk, punggung, pinggang dan panggul bagian belakang)
7. Guling Belakang  (roll belakang) adalah berguling ke belakang bawah bagian badan. (panggul bagian belakang, pinggang, punggung dan tengkuk)
8. Hand Stand adalah sikap tegak dengan bertumpu pada kedua tangan atau tegak atas kedua tangan dengan siku-siku lurus dan  kedua kaki rpat dan luru ke atas.
9. Walk Over ada 2 gerakan
a. Ke depan didahului dengan handstand, kemudian kaki satu persatu mendarat di lantai, satu kaki ditempatkan agak jauh (1 langkah) di depan kaki yang pertama mendarat, lalu tegak kembali.
b. ke belakang didahului dengan melakukan jembatan satu kaki dilemparkan ke belakang diikuti oleh kaki yang lain, satu keki ditempatkan agak jauh (4 langkah) di belakang kaki yang pertama mendarat, lalu tegak kembali.
10. Neck Kip adalah suatu gerakan lenting badan ke atas depan yang disebabkan oleh lemparan kedua kaki dan tolakan kedua tangan, dari sikap setengah guling belakang atau setengah guling ke depan dengan kedua kaki rapat dan lutut lurus.
11. Meroda adalah suatu gerakan ke samping, pada satu saat bertumpu atas kedua tangan dengan kaki terbuka besar/kangkang.
12. Handspring adalah suatu gerakan dengan bertumpu pada tangan di lantai disertai tolakam/lemparan satu kaki dari belakang ke arah depan atas dan mendarat atas dua kaki hingga berdiri tegak.
12. Back Hand Spring adalah suatu bentuk gerakan yang diawali dari sikap berdiri, dengan tolakan kedua kaki dan melemparkan kedua tangan ke belakang, hingga mendarat di lantai dan bertumpu, diikuti sikap badan membusur dan lemparan kedua kaki ke belakang, hingga berdiri tegak kembali.
13. Round Off adalah suatu gerakan yang terdiri dari melakukan hand stand dengan berputar pada sumbu tegak dan menolak dengan kedua tangan tumpuan pada saat kedua kaki akan mendarat di lantai.
14. Salto adalah suatu gerakan/bentuk latihan yang bila dilihat kejadiannya adalah gerakan “guling di udara”
Sumber : Senam dan Metodik, untuk SGO Depdikbud

0 komentar:

Posting Komentar

idhostinger

Hosting Gratis